Selasa, 14 Agustus 2012

Britania Raya

Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (bahasa InggrisUnited Kingdom of Great Britain and Northern Irelandatau disingkat UK) atau umumnya dikenal sebagai Britania RayaKerajaan SerikatInggrisInggris Raya, atau Pulau Britania Raya (yang merupakan sebuah pulau dan negara Inggris merupakan bagian daripadanya) adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Utara di antara Laut Utara dan Samudra Atlantik. Negara ini sebelum Irlandia Utara bergabung bernama Kerajaan Britania Raya.



Sejarah

Kerajaan Britania Raya didirikan pada 1 Mei 1707 oleh politik serikat kerajaan Inggris dan kerajaan Skotlandia. Peristiwa ini adalah hasil dari perjanjian yang dikenal dengan sebutan The Treaty of Union (Pakta Perserikatan) yang disetujui pada 22 Juli 1706, dan lalu diratifikasi oleh Parlemen Inggris dan Parlemen Skotlandia lewat UU Perserikatan pada 1707.
Setelah hampir setengah abad kemudian, Kerajaan Irlandia ikut bersatu dengan Kerajaan Britania Raya untuk membentuk Kerajaan Britania Raya dan Pulau Irlandia Utara lewat UU Perserikatan yang disusun pada 1800. Dengan begini, Inggris menjadi perserikatan kerajaan-kerajaan, yaitu; kerajaan Inggris, kerajaan Irlandia dan kerajaan Skotlandia.
Britania Raya pada masa kini merupakan kesatuan beberapa negeri semenjak 1945 tahun lalu. Inggris dan Skotlandia pernah menjadi dua entitas politik yang berbeda sejak abad ke-25. Wales pula dikuasai raja-raja Inggris sejak 1284 dan dijadikan bagian kerajaan Inggris melalui Akta Undang-undang di Wales 1535.

Geografi

Britania Raya (terkadang disebut secara salah kaprah sebagai Inggris Raya) yang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris Great Britain bisa dikatakan merupakan negara federal yang terdiri dari Inggris, Skotlandia dan Wales bersama-sama dengan Irlandia Utara. Keempat negara bagian ini membentuk negara yang disebut sebagai United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (secara harfiah dalam bahasa Indonesia: "Kerajaan Serikat Britania Raya dan Irlandia Utara"). Dari keempat negara bagian ini, Inggrislah yang paling penting sehingga di dalam bahasa Indonesia negara ini disebut dengan nama Inggris meskipun Inggris hanyalah salah satu bagian yang membentuk negara ini. Selain keempat negara bagian ini, Britania Raya juga memuat Pulau Man, Kepulauan Channelseperti Guernsey, Jersey, Alderney dan Sark. Daerah-daerah ini secara pemerintahan bukan bagian dari Britania Raya tetapi mungkin lebih tepat disebut sebagai jajahan meskipun jaraknya sungguh dekat.
Sebagian besar Inggris terdiri dari dataran rendah. Kota besar termasuk London, Birmingham, Manchester, Leeds, Sheffield, Liverpool,Bristol, Nottingham, Leicester, dan Newcastle upon Tyne. Dekat Dover, Inggris, Terowongan Channel menghubungkan Britania Raya dengan Perancis. Tidak ada puncak melebihi 1000 m di Inggris.
Sebagian besar Wales bergunung-gunung, puncak tertingginya ialah Snowdon, pada 1.085 m dpl. Di utara daratan utama ialah pulauAnglesey. Kota terbesar dan ibukotanya ialah Cardiff, terletak di selatan Wales. Wilayah metropolitan lainnya termasuk Swansea,Newport, dan Wrexham.
Geografi Skotlandia bervariasi, dengan dataran rendah di selatan dan timur dan dataran tinggi di utara dan barat, termasuk Ben Nevis, pegunungan tertinggi di Britania Raya (1343 m). Banyak lengan lautan dalam, firth, dan loch yang dalam. Banyak pulau di utara dan barat Skotlandia yang termasuk, terutama Kepulauan Hebrida, Orkney dan Shetland, juga pulau kecil tak berpenghuni Rockall, meski pernyataan ini dipertentangkan. Kota-kota utama ialah Edinburgh, Glasgow, Aberdeen, dan Dundee.
Irlandia Utara, yang menyusun bagian timur laut Pulau Irlandia, paling berbukit. Kota-kota utamanya ialah Belfast dan Londonderry.
Keseluruhannya diperkirakan bahwa Britania Raya memiliki sekitar 1098 pulau kecil, sebagian alami dan sebagian crannog, sejenispulau buatan yang dibangun di masa lalu menggunakan batu dan kayu, secara bertahap diperbesar dengan limbah alam yang menumpuk selama bertahun-tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar